Jakarta, 4 Mei2021 – Kementerian Perdagangan terus berupaya mengoptimalkan pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) guna mendorong kinerja ekspor nasional. Untuk itu, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menggelar kegiatan “Promosi Ekspor Melalui Platform Digital Indonesia” secara daring dan luring yang berlangsung pada Kamis, (29/4) di Depok, Jawa Barat.
Pada kegiatan tersebut,Kemendag berkolaborasi dengan salah satu platform digital Indonesia Goorita.com yangtelah terintegrasi langsung dengan sistem lokapasar internasional seperti Amazon, eBay, dan Etsy. Kegiatan ini juga didukung GoPlay sebagai platform live streamingGojek Indonesia.
"Promosi ekspor melalui platformdigital perlu dioptimalkan untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk UKM Indonesia di pasar global, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Kami telah menjajaki peluang ini dengan beberapa lokapasar Indonesia, salah satunya denganGoorita.com yangkami nilai sudah cukup siap untuk membantu produk UKM Indonesia untuk Go International,"kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Nasional Marolop Nainggolan.
Acara ini menghadirkan 10 pelaku UKM terpilih yang berkesempatkan memperkenalkan produk-produknya kepada para pesertayang terdiri atas perwakilan perdagangan serta diaspora Indonesia dari 10 negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Tiongkok, Taiwan, dan Hongkong. Para pelaku UKM tersebut juga mengirimkan produk sampel kepada para peserta. Selain itu, di acara ituterjadi pembelian langsung produk-produk UKM oleh diaspora.