Tingkatkan UKM Ekspor, Kemendag Gandeng Platform Digital Indonesia

Jakarta, 4 Mei2021 – Kementerian  Perdagangan  terus  berupaya  mengoptimalkan  pemanfaatan platform  digital  untuk meningkatkan  penetrasi  pasar  produk-produk  usaha  kecil  dan  menengah (UKM)  guna  mendorong  kinerja  ekspor  nasional.  Untuk  itu,  Kementerian  Perdagangan  melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menggelar kegiatan “Promosi Ekspor Melalui Platform Digital Indonesia” secara daring dan luring yang berlangsung pada Kamis, (29/4) di Depok, Jawa Barat.

Pada  kegiatan  tersebut,Kemendag  berkolaborasi  dengan  salah  satu  platform  digital  Indonesia Goorita.com yangtelah  terintegrasi  langsung  dengan  sistem  lokapasar  internasional  seperti Amazon, eBay, dan Etsy. Kegiatan ini juga didukung GoPlay sebagai platform live streamingGojek Indonesia.

"Promosi  ekspor  melalui  platformdigital  perlu  dioptimalkan  untuk  meningkatkan  penetrasi  pasar produk-produk UKM Indonesia di pasar global, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Kami telah menjajaki  peluang  ini  dengan  beberapa  lokapasar  Indonesia,  salah  satunya  denganGoorita.com yangkami nilai sudah cukup siap untuk membantu produk UKM Indonesia untuk Go International,"kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Nasional Marolop Nainggolan.

Acara  ini  menghadirkan  10  pelaku  UKM  terpilih  yang berkesempatkan  memperkenalkan  produk-produknya   kepada para   pesertayang   terdiri   atas   perwakilan   perdagangan   serta   diaspora Indonesia  dari  10  negara,  yaitu  Amerika  Serikat,  Kanada,  Australia,  Malaysia,  Singapura,  Jepang, Korea,  Tiongkok,  Taiwan,  dan  Hongkong. Para  pelaku  UKM  tersebut  juga  mengirimkan  produk sampel  kepada  para  peserta.  Selain  itu,  di  acara ituterjadi  pembelian  langsung  produk-produk UKM oleh diaspora.